KABAROTOMOTIF.COM, BSD CITY – Pada hari pertama pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 Toyota memperkenalkan SUV ramah lingkungan Toyota bZ4X, Kamis (11/8).

Toyota tidak hanya menyajikan tiga brand (GR, Toyota, Lexus) di GIIAS 2022, tapi juga menghadirkan semua opsi dan teknologi, khususnya adalah teknologi kendaraan elektrifikasi di Indonesia melalui strategi multi pathway ungkap Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto kepada puluhan media di arena GIIAS 2022, ICE, BSD City, Tangeran, Kamis (11/8/2022).

Selanjutnya Henry menjelaskan “Melalui strategi multi pathwayToyota dan Lexus telah menghasilkan 11 model elektrifikasi dengan pilihan dan teknologi yang lengkap. Tidak hanya Hybrid EV, kita juga punya Hybrid Plug-in EV, namun juga baterai EV, untuk memberikan opsi mobilitas sesuai kebutuhan masyarakat. Ini merupakan upaya Toyota untuk mendorong masyarakat berkontribusi mengurangi emisi karbon.”

” Di GIIAS kali ini kami akan menampilkan model Toyota bZ4X, yang menjadi bagian dari komitmen kami untuk memperkenalkan lebih banyak lagi pilihan Battery EV ke depannya di Indonesia,” sambung Henry.

SUV listrik Toyota bZ4X ini desain eksterior tampak futuristik. Mobil ini memiliki grille heksagonal kecil di bagian bawah dan terdapat semacam insang vertikal di ujung kanan kirinya.

Secara performa, bZ4X menggunakan baterai lithium-ion 355 Volt kapasitas 71,4 kWh. Baterainya ditanam di bawah lantai dan memiliki pengontrol suhu untuk efisiensi. Sekali mengisi penuh baterai, mobil ini bisa menjangkau jarak hingga 500 km untuk tipe FWD dan 460 km untuk tipe AWD. Baterai mendukung pengisian daya AC hingga 6,6 kW dan pengisian daya DC hingga 150 kW, yang mampu mengisi daya 80 persen dalam 30 menit.

Toyota mengklaim kapasitas baterai akan tetap 90 persen dari kondisi awal setelah 10 tahun penggunaan atau 240.000 km. Pada saat yang sama, terdapat keamanan sel baterai tingkat tinggi termasuk fitur pemantauan tegangan, arus, dan suhu baterai yang berlebihan, penghapusan kontaminasi ditambah pendingin dengan resistansi tinggi.

Dalam hal tenaga, Toyota bZ4X FWD hadir dengan motor listrik tunggal yang dipasang di depan. Motor listrik itu bisa menghasilkan tenaga hingga 201 dk dengan akselerasi 0-100 km/jam bisa ditempuh dalam 8,4 detik.

Sementara varian AWD dibekali dua motor listrik di depan dan belakang. Masing-masing bisa menghasilkan 107 dk dengan output gabungan 215 dk. Meski 85 kg lebih berat, Toyota bZ4X AWD bisa berakselerasi lebih cepat, 0-100 km/jam dalam 7,7 detik.(Savor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here