Foto savor

KABAROTOMOTIF.COM, JAKARTA – Mitsubishi Eclipse Cross hadir tiga tahun yang lalu di Indonesia Atau tepatnya pada 9 Juli 2019 lalu.

Saat liburan Idul Fitri kemarin kabarotomotif.com kembali mencoba dan mengamati secara detail mobil SUV Medium berlogo tiga berlian. Meski sudah dipakai selama 3 tahun Eclipse Cross tetap menjadi perhatian.

Bentuknya yang menarik, berbentuk coupe (atap melengkung), dengan konsep desain Dynamic Shield di depan.

Konsep desain ini , berpadu apik dengan garis tegas dibody menggambarkan DNA yang kokoh dan kuat. Sedangkan pada sektor belakangnya juga telihat sporty dengan garnish yang menghubungkan kedua lampu rem. Uniknya, posisinya berada di kaca belakang, bukan di bodi pintu bagasi.

Secara keseluruhan Fitur eksterior Eclipse Cross terdapat Adjustable Headlights, Lampu Kabut Depan, Kaca spion elektrik, Wiper Kaca Belakang, Defogger Kaca Belakang, Velg alloy, Sunroof, Lampu sein kaca Spion Luar, Antena Terpadu, Grille Krom dan Roof Rail.

Eclipse Cross menggunakan mesin 1.500cc Direct-Injection Turbo yang dipadukan dengan transmisi 8 percepatan Continuous Variable Transmission (CVT). Mesin ini diklaim mampu menghasilkan 152 HP dan torsi puncak 249 Nm. Dengan Spek seperti ini Eclipse Cross siap digunakan untuk berbagai kondisi jalan, mulai dari trek pegunungan, perkotaan, hingga perbukitan..

Pada bagian interior Eclipse Cross terasa sekali kemewahan SUV Medium, di interior nampak nyata karena dalam kabinnya dominan bahan kulit di setiap sisi, serta hadirnya beragam fitur kenyamanan di bagian dalam. Khusus jok pengemudi ada pengaturan tinggi, lumbar serta sandaran hanya dengan sentuhan tombol di sisi kanan jok.

Jok pengemudi dan penumpang ini juga dilengkapi dengan fitur pemanas yang dapat dioperasikan dengan menekan tombol di konsol tengah. Untuk sentuhan detil, Mitsubishi memberikan jahitan berwarna oranye pada kulit jok dan perpaduan warna silver pada kisi-kisi untuk mempercantik dasbor.

Kenyamanan pada area pengemudi juga ditambah dengan hadirnya paddle shift untuk penggantian transmisi yang responsif, audio steering switch di lingkar kemudi sisi kiri dan tombol adaptif cruise control di sisi kanan.

Selain itu Eclipse Cross juga menyediakan head up display (HUD) di bagian depan yang memudahkan pengemudi melihat beragam informasi kendaraan dan navigasi. HUD ini dapat di atur sudutnya serta dapat disembunyikan jika tidak digunakan, dengan menekan tombol pengaturan di sisi kanan pengemudi.

Meter cluster memiliki desain sporty dengan speedometer di sisi kanan dan penunjuk putaran mesin di sisi kiri. Terdapat layar Multi information Display yang berisi beragam informasi seputar kendaraan seperti temperatur mesin, bensin, jarak tempuh dan lainnya.

Pada konsol tengah menghadirkan pengaturan air conditioner (AC) yang memiliki fitur dual zone climate control. Selain itu, bagian ini dipadati dengan kehadiran tuas transmisi, touchpad, tombol penghangat jok, serta ruang penyimpanan.

Beranjak ke baris kedua, kenyamanan penumpang dihadirkan berkat ruang kaki lapang dengan pengaturan tempat duduk yang dapat digeser hingga 200 mm. Sandaran punggung pun tidak terlalu tegak dan dapat diatur kemiringannya agar nyaman sepanjang perjalanan.

Sudut pandang penumpang masih cukup luas dengan ruang kepala cukup lapang. Catatan tersendiri untuk penumpang dengan tinggi lebih dari 170 mm, ruang kepala akan terpangkas karena desain bagian belakang Eclipse Cross yang menurun.

Bagasi crossover ini sebesar 341 liter, yang cukup memuat koper berukuran besar. Jika ingin menambah ruang penyimpanan, baris kedua dapat dilipat dan menghasilkan ruang penyimpanan sebesar 448 liter. (Savor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here