KABAROTOMOTIF.COM, JAKARTA – UD Trucks sebagai salah satu merek kendaraan komersial, turut mendukung peraturan pemerintah terkait standar Euro 4 diesel di Indonesia yang akan berlaku pada April mendatang.

Hal ini dibuktikan UD Trucks dengan peluncuran produk terbarunya Quester Euro 5. Produk baru ini sudah dilengkapi dengan teknologi yang sesuai untuk kebijakan tersebut.

Teknologi yang dipilih UD Trucks disebut selective catalytic reduction (SCR) dengan memakai urea.

Buat UD Trucks, Euro 4, 5 maupun 6 itu bukan sesuatu yang baru. Jadi kami sudah siap Berkaitan dengan standar Euro 4 diesel di Indonesia,” ujar Aloysius Chrisnoadhi, Vice President UD Trucks Indonesia saat jumpa media secara online, Kamis (14/5).

SCR sendiri diklaim lebih cocok diterapkan pada model dengan kapasitas mesin besar atau truk heavy duty yang merupakan fokus UD Trucks Indonesia. Diklaim kelebihan lainnya termasuk pembakaran yang lebih sempurna, berpengaruh pada kinerja mesin lebih awet dan irit konsumsi bahan bakar. Kemudian, penggunaan SCR juga diklaim tidak sensitif terhadap kualitas bahan bakar. Dalam hal ini, ragam BBM solar yang sudah dan akan diedarkan oleh pemerintah

Penggunaan SCR dibarengi dengan pemakaian cairan yang disebut Adblue. Cairan yang aman tidak berbahaya. Turut diklaim teknologi SCR dapat mengurasi gas NOx hingga 90% sekaligus mengurangi gas HC dan CO hingga 50-90%.

Dengan kata lain teknologi SCR ini bekerja sama dengan cairan AdBlue, di mana sistem SCR menyuntikan AdBlue pada gas buang dari mesin dan menghasilkan nitrogen dan uap air yang tidak berbahaya. AdBlue sendiri merupakan cairan yang tidak berwarna, tidak berbau dan juga tidak beracun.

Nantinya semua unit baru Quester
yang dipasarkan sudah terpasang sistem SCR, lengkap beserta tangki untuk cairan Adblue. Selain itu juga UD Trucks Indonesia juga menyiapkan berbagai sarana pendukung lainnya dalam menyambut kebijakan Euro 4.

Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun menggunakan SCR, UD Trucks Indonesia mendukung penerapan standar emisi Euro 4. Yang ditetapkan melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No. P.20/MENLHK/SETJEN-KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau Euro 4. (Savor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here