KABAROTOMOTIF.COM, JAKARTA – Honda BR-V produksi Indonesia mulai diekspor secara utuh (completely built up/CBU) ke nyaris 30 negara hingga tahun depan dengan target 6000 unit. Pemerintah mengapresiasi ekspor serta komponen lokalnya yang tinggi.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam pidatonya menegaskan kalau Honda BR-V yang akan diekspor ini adalah mobil buatan Indonesia.”

Pemerintah sendiri mengapresiasi perluasan model serta volume ekspor Honda. Apalagi, BR-V sebagai model terbaru yang diekspor sudah memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) 80 persen.

Seremoni pengapalan perdana BR-V dari Indonesia ke luar negeri berlangsung pada Rabu (16/3/2022) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

“BR-V diproduksi eksklusif di Indonesia yaitu hanya di pabrik Karawang, dari berbagai pabrik yang dimiliki Honda di seluruh dunia. Kualitas dan daya tarik produk Indonesia ini membuat banyak permintaan datang dari negara-negara lain,” kata President Director HPM Takehiro Watanabe dalam kata sambutannya.

Honda di Indonesia, menurut Watanabe, mulai melakukan ekspor pada 1992. Mereka memulainya dari ekspor komponen.

Ekspor CBU pertama kali dilakukan pada 2009, untuk model Freed. Tapi, pada 2012 aktivitas ini disetop.

Mereka memulai kembali ekspor CBU pada 2019 ke Filipina dan Vietnam, untuk model Brio. BR-V menjadi model kedua yang diekspor.

“Pengiriman All New BR-V ke sekitar 30 negara di seluruh dunia,” ujar Watanabe.(Savor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here