KABAROTOMOTIF.COM,JAKARTA– Pelumas dalam mesin merupakan komponen penting pada kendaraan bermotor, pelumas atau biasa disebut oli harus mengalami pergantian secara rutin. Meski mudah didapatkan, saat ini semakin maraknya beredar oli palsu dipasaran, hal ini membuat pemilik mobil dan motor harus selalu waspada dan hati hati dalam membeli oli.

Terdapat beberapa perbedaan yang bisa menjadi pedoman saat pemilik kendaraan membeli oli di bengkel. Hal ini harus diketahui agar terhindar dari peredaran oli palsu dan kondisi kendaraan selalu optimal saat digunakan.

Dalam diskusi virtual bersama Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) pada Rabu (16/2/2022) siang, Rizal Wahyu Abdillah, Senior SE Retail Bogor, Sales Region III PT Pertamina Lubricants memberikan penjelasan ” Ada 5 hal atau fitur yang harus diperhatikan konsumen ketika membeli oli.”

“Saat ini Pertamina Lubricants menyematkan 5 fitur pada kemasan pelumas tersebut, menjadikan konsumen lebih aman dan nyaman saat membeli dan menggunakan pelumas tersebut.” ungkapnya.

Lebih lanjut Rijal menjabarkan 5 fitur pengaman, di antaranya adalah triple layer, nomor batch yang tercetak di bagian botol, pengaman UV, hologram original di tutup botol, serta terdapat QR code pada label kemasan,” jelas Rizal.

Maksud penggunaan triple layer pada kemasan, ditujukan agar oli tidak mudah bocor dan rembes dari kemasan serta meminimalkan terjadinya pemalsuan terhadap produk tersebut. Adapun nomor batch yang ada di botol, juga menandakan bahwa botol yang digunakan merupakan kualitas terbaik Gen IV dan Gen VII.

Sedangkan pengaman UV yang dipasangkan juga berguna untuk membedakan mana produk asli atau palsu. Melalui fitur ini, apabila disinari lampu UV, maka akan terlihat logo dan tulisan Pertamina serta beberapa kode lainnya.

Hologram yang dipasang sebagai fitur keamanan juga menjadikan salah satu fitur yang begitu penting, di mana untuk produk asli keluaran Pertamina Lubricant senantiasa dibekali dengan fitur tersebut. Dan yang terakhir adalah QR code, di mana setiap botol memiliki kode yang berbeda dan terdiri dari kombinasi 9 huruf dan angka secara acak.

“Untuk itu Rijal berpesan dan kembali mengingatkan kepada para konsumen pengguna oli Pertamina agar lebih berhati hati dan harus bisa membedakan ciri ciri oli palsu dan Oli asli berdasarkan 5 fitur yang telah dijelaskan.” tutunya. (tunjang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here