KABAROTOMOTIF COM, BSD CITY – Presiden Joko Widodo mengungkapkan pentingnya ekosistem mobil listrik yang rendah emisi dan ramah lingkungan agar segera dibangun. Untuk itu, pemerintah terus mendorong berbagai upaya untuk meningkatkan produksi mobil listrik maupun hybrid, usai meninjau pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Rabu, (17/11).

“Kita juga mendorong untuk produksi mobil listrik, produksi mobil hybrid tetapi sekali lagi, yang semuanya harus ramah lingkungan,” ujar Presiden.

Selepas peninjauan, Kepala Negara juga menyempatkan menjajal salah satu mobil listrik yang dipamerkan, yakni Mitsubishi Minicab Miev. Didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Presiden tampak menyetir mobil listrik tersebut dengan memutari pelataran depan gedung ICE BSD City.

Foto: Lukas – Biro Pers Sekretariat Presiden

Tentunya banyak orang yang bertanya mengenai Mitsubishi Minicab Miev. Mobil listrik ini merupakan van mini yang masuk dalam kategori Light Commercial Vehicle (LVC). Van ini memiliki penggerak yang cukup bertenaga dan rendah emisi, serta suaranya yang senyap sangat cocok untuk digunakan di jalanan perkotaan yang padat.

Mitsubishi Minicab MiEV dibekali daya listrik sebesar 1.500 W DC yang bisa menyalurkan daya AC 100 V, cukup untuk menyalakan peralatan elektronik saat berkegiatan di luar ruangan. Motor listrik yang digunakan mampu menghasilkan tenaga maksimal 30 kW atau setara 41 PS di 2.500 – 6.000 rpm dan torsi maksimum 196 Nm di 0 – 300 rpm.

Mobil listrik ini ditenagai baterai Lithium-ion dengan dua pilihan kapasitas, yakni 10,5 kWh dan 16,0 kWh. Kedua baterai ini masing-masing mampu menempuh jarak 100 km dan 150 km. Soal kapasitas kabin, mobil ini bisa mengangkut 4 penumpang dengan maksimal bobot 200 kg. Sedangkan jika hanya mengangkut 2 penumpag, kapasitas bobotnya bisa mencapai 350 kg.

Meskipun termasuk mobil komersial, namun Minicab MiEV ini memiliki ukuran yang cukup kecil. Mobil ini memiliki dimensi panjang 3.395mm, lebar 1.475mm, dan tinggi 1.810mm. Jarak sumbu rodanya 2.390mm dan Minicab MiEV ini menggunakan sistem penggerak roda depan.

Minicab MiEV sendiri pertama kali diperkenalkan dalam ajang Tokyo Motor Show 2011. Mobil ini sudah dijual di Jepang di tahun yang sama dan banyak digunakan sebagai kendaraan logistik dalam kota.

Sayangnya, Minicab MiEV ini belum dijual di Indonesia dan MMKSI mengaku saat ini masih menguji coba van mini ini untuk dipertimbangkan kehadirannya di pasar Tanah Air.

Di Jepang, Mitsubishi Minicab MiEV dijual dengan harga 2.431.000 yen atau sekitar Rp 302 juta untuk tipe 2-seater. Sedangkan untuk tipe 4-seater dijual dengan banderol 2.453.000 yen atau sekitar Rp 305 juta.(Savor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here