KABAROTOMOTIF.COM, TANGERANG – Toyota Minggu kemarin telah meluncurkan All New Avanza dan Veloz generasi terbaru. Perombakan tidak sekedar pemanis saja tetapi ini berubah 180 derajat, baik dari segi tampilan, fitur, teknologi maupun mesin.

Foto Andi

Awal melihat All New Velos Kabarotomotif.com merasa penasaran apakah perubahan pada mobil ini memberikan rasa berbeda dalam berkendara dari model sebelumnya, baik penumpang maupun pengemudi. Pertanyaan pertanyaan seputar MPV sejuta umat ini terjawab begitu mendapatkan undangan untuk menjajal Toyota Veloz, tipe tertinggi Avanza, kawasan BSD City dengan karakter jalan perkotaan dan kawasan hunian selama 30 menit.

Desain eksterior sudah sangat berubah dari pendahulunya. All New Veloz dibangun dengan desain dinamis yang tidak hanya menciptakan citra terdepan dan premium, tetapi juga menonjolkan tampilan crossover

Kesan pertama begitu membuka pintu, interior mobil ini benar-benar berbeda dari generasi sebelumnya. Demikian pula saat duduk di balik kemudi, berasa bukan berada di MPV Avanza biasanya. Posisi kursi lebih pendek seperti duduk di atas sedan atau city car.

Saat mobil mulai bergerak lambat terasa kedap,. Selain itu Veloz baru ini telah mengcakokan platform baru Front Engine – Front Wheel Drive (FF) baru (menggantikan sistem penggerak roda belakang generasi sebelumnya) dipadukan New Developed Suspension, membuat All New Veloz terasa lebih stabil dan empuk.

Pada kemudi (setir) telah menggunakan New Leather Tilt dan Telescopic Steering with Audio & MID Switch, memudahkan pengaturan posisi kemudi. Terdapat pula tombol audio, dan MID melalui sentuhan pada lingkar kemudi serta dilengkapi pilihan Drive Mode Switch (Q CVT). Hal ini membuat lebih mantap di gemgam saat mengemudi.

Saat mengemudi dengan mudah membaca indikator karena panel adometer sudah full digital, New Advanced 7 Inch Digital TFT MID memastikan semua informasi disajikan dengan visual lebih modern.

Yang menarik All New Velos peranti pemanja kuping karena sistem infotainment dikemas dalam New Integrated 9 Inch Head Unit dengan Advanced Smartphone Connectivity. Ada fitur unik, head unit tersebut juga memberikan informasi hari ganjil atau genap.

Begitu jalan sepi mesin baru Veloz 1.500 cc 2NR-VE dengan tenaga 106 PS dan torsi 14 Kgm yang disalurkan melalui CVT, terasa responship, tetapi suara mesin terasa halus saat diajak berakselarsi. Saat mencoba sistem pengereman, tak ada hentakan terasa lebih halus.

Fitur baru lainnya pada All New Veloz, saat mobil berbelok akan muncul gambar posisi mobil pada head unit. Ini berkat New All Round View Camera, sehingga dapat memantau secara jelas situasi di sekitar kendaraan.

Blind Spot Monitoring akan menyala memberikan sinyal di kaca spion sebagai peringatan ketika ada mobil lain bergerak di area titik buta.

Sayangnya menjajal All New Veloz ini belum tuntas, karena waktu hanya 30 menit, tapi kesan utamanya mobil MPV ini sangat enak dan aman dikendarai serta senyaman sedan.(Savor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here