KABAROTOMOTIF,CO, BSD CITY – Kehadiran Toyota di ajang World Rally Championship (WRC), melahirkan Toyota GR Yaris pada akhir 2019 dibuat menjadi hatchback seksi dengan performa dan spesifikasi ala mobil reli, digarap khusus oleh divisi Gazoo Racing. Demi bisa menjadi basis mobil reli generasi baru, GR Yaris diproduksi hanya dalam jangka waktu satu tahun, dan terbatas sebanyak 25.000 unit untuk seluruh dunia.

Dari 25 Ribu unit produksinya di dunia, Indonesia kebagian sebanyak 125 unit dan sudah habis terjual, dibndrol seharga Rp 850 juta (OTR Jakarta). PT Toyota Astra Motor (TAM). akan dikirim mulai bulan November mendatang. Sebelum ketangan konsumen puluhan jurnalis mecoba langsung performa hot hatch terbaru asal Jepang ini.

Dua unit Toyota GR Yaris disajikan oleh PT TAM untuk acara Toyota Gazoo Racing Driving Experience yang digelar hari Kamis (21/10/2021).

Memang kesempatan first drive GR Yaris yang sangat singkat untuk menceritakan kehebatan performa GR Yaris, yang di jejali mesin tiga silinder berkapasitas 1.6 liter turbocharged untuk GR Yaris.

GR Yaris diklaim mempunyai kemampuan mesin dengan tenaga 268 hp dan torsi sampai 370 Nm. Unit mesin berkode G16E-GTS ini dipasang transmisi manual 6-percepatan, serta sistem penggerak AWD yang dilabeli sebagai GR-Four. Seakan menjadi throwback ke masa Celica dengan embel-embel GT-Four.

Sesi driving experience ini menekankan untuk pembuktian handling yang dimiliki GR Yaris. Rangkaian lintasan slalom atau gymkhana dibuat di sini.

Dua unit GR Yaris yang dihadirkan bukan sekadar untuk mengakomodasi pergantian giliran test drive para media, tapi untuk menunjukkan dua spesifikasi berbeda yang bisa didapatkan dari mobil ini. Unit pertama berwarna putih yang menjadi versi standar, kemudian unit lainnya berwarna merah yang sudah menggunakan aksesoris opsional seperti body kit add-on, emblem dan stiker striping, elemen carbon fiber dan sistem knalpot baru. Yang jelas tampilan seksi GR Yaris semakin menawan dengan paket tambahan ini.

Sebelum bisa menggoyang GR Yaris kabarotomotif.com lebih dulu diberikan taxi ride di dalam GR Yaris yang didampingi oleh salah satu dari beberapa pembalap Toyota Team Indonesia (TTI).

Buat pembalap TTI bergoyang dan berdansa diatas mobil sudah biasa tapi buat kami menjadi sesuatu. Diawali dengan sesi pemanasan di sisi pengemudi dengan membuat GR Yaris menari melakukan manuver powerslide dan drifting. Memamerkan potensi apa yang dimiliki oleh hatchback bermesin tiga silinder ini.

Setelah satu putaran para jurnalis di perbolehkan untuk menekan pedal gas dan menarik pedal rem. Satu putaran pertama merupakan moment adaptasi dengan bagaimana mesin, transmisi dan kemudi berperilaku.

Koplingnya enteng, begitu juga dengan tuas transmisi yang sangat pendek jarak setiap slot giginya. Terbayang betapa asiknya menggoyang mobil ini dan menikmati sensasi perpindahan gigi. Setirnya terasa sangat mantap diajak bermanuver.

Di putaran kedua ini GR Yaris diposisikan pada mode sport membuat distribusi output mesin 70% ke roda belakang dan sisanya ke depan. Saat berakselerasi dari garis start, semburan torsinya sangat terasa namun terkirim secara linear dan tidak terlalu eksplosif.

Yang menarik saat melibas tikungan tanpa harus melakukan pengereman. Radius putarnya sangat kompak walaupun velgnya lebar ala sportscar.

Dengan karakter handlingnya, mengajak GR Yaris meliuk di lintasan zig-zag juga mudah dan sangat terprediksi, tidak hanya tikungan radius kecil, saat melewati tikungan lebar pun handlingnya tetap mantap. Body roll tentu tetap ada, namun dalam kadar yang minim khas mobil dengan DNA sport.

Kelebihan yang dirasakan adalah respons mesin yang linear, namun tetap siap untuk memutar roda belakang lebih agresif untuk powerslide ketika diinginkan. Keseluruhan performanya seolah GR Yaris sangat enak diajak bergoyang baik dengan irama yang keras bahkan gemulai seperti penari balet. (Savor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here