KABAROTOMOTIF.COM, JAKARTA – Empat tahun Wuling Motors. Pabrikan asal Tiongkok, anak perusahaan dari SAIC-GM-Wuling Automobile Company Limited (SGMW), mulai menjajaki pasar Indonesia. Pada awalnya
nama Wuling Motors terdengar asing bagi masyarakat Indonesia. Tapi, perlahan nama Wuling semakin akrab di benak publik Tanah Air.

Tidak seperti mobil asal Tiongkok yang pernah mencoba pasar di Indonesia akhirnya hilang dari pasaran, Wuling berbeda dengan produk produk tersebut. Keseriusannya di perlihatkan dengan pembangunan pabrik terintegrasi di lahan seluas 60 hektar di kawasan Cikarang, Jawa Barat. Pabrik itu mampu memproduksi 120 ribu unit kendaraan per tahun dan menyerap 3000 lapangan kerja.

Hadir dengan persiapan matang

Sebelum merilis produk mobil pada 2017, wuling sudah ambil bagian di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Dalam pagelaran itu, Wuling menampilkan produk MPV Hongguang, cikal bakal Wuling Confero yang jadi produk pertama mereka di Indonesia.

Setelah itu di tahun 2017, Wuling meresmikan pabrik di Cikarang disaksikan langsung Jusuf Kalla yang saat itu menjabat wakil presiden, dan Airlangga Hartarto sebagai Menteri Perindustrian kala itu. Selepas meresmikan pabrik, Wuling langsung melepas produk pertamanya Confero.

Keseriusan pabrikan Tiongkok di Indonesia dibuktikan pada tahun yang sama dengan dirilisnya produk mobil pertama, Wuling membuka 50 dealer di seluruh Indonesia. Semua dealer ini sudah beroperasi melayani perawatan mobil-mobil Wuling.

Baru berapa bulan saja sepanjang 2017 pula, Wuling langsung merangsek sebagai 10 merek mobil terlaris di Indonesia dari sisi penjualan.

Confero yang berada di segmen MPV mendapat pasar yang lumayan, tidah puas dengan satu unit hanya di segmen LMPV di tahun 2018 meluncurkan Cortez yang dihadirkan untuk bersaing di level medium MPV, melawan sejumlah kompetitor.

Masih di 2018, Wuling menyodorkan produk di kelas light commercial vehicle yaitu Wuling Formo. Mobil ini disiapkan untuk kebutuhan niaga, dengan kabin yang luas.

Ternyata Wuling terus berusaha memenuhi pasar di Indonesia dengan berbagai segmen pada tahun 2019 Wuling akhirnya memasarkan SUV perdananya di Indonesia, Wuling Almaz.

Varian baru ini pun alternatif baru untuk para penggemar SUV, berkat fitur multimedia yang canggih, salah satu fitur unggulannya yaitu Wuling Indonesian Command untuk menjalankan multimedia lewat perintah suara.

Dari tahun ke tahun penjualan Wuling terus meningkat, menurut catatan pada 2017, Wuling mampu membukukan angka retail sales (dealer ke konsumen) sebanyak 3.268 unit. Yang menyolok pada 2020 lalu, Wuling berada di posisi 9 sebagai merek terlaris di Indonesia dengan catatan penjualan sebanyak 9.532 unit, berada di atas Nissan dengan angka 7.408 unit.

Empat tahun berkiprah, Wuling sudah mendapatkan capaian penjualan yang telah menembus angka 60.000 unit. Hingga 4 tahun hadir di Indonesia, Wuling memiliki empat model yang dipasarkan. Mulai Formo mobil van yang bertarung di kelas kendaraan niaga, Sedangkan Tiga di antaranya mengisi segmen mobil penumpang, yakni LMPV Confero, MPV Cortez, dan SUV Almaz. (Savor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here