Buitenzorg Rally Enduro 2020 , Event Fun Adventure Bernilai Kearifan Lokal

0

Kabar Otomotif,  Jakarta – Para pecinta motor adventure tahun ini ditantang kembali dalam ajang balap rally enduro.

Event yang diselenggarakan pada tanggal 22 s/d 23 februari 2020 ini,  merupakan event perdana yang dilombakan oleh Mata Panah Berlian sebagai penyelenggara di wilayah Klapanunggal  Kabupaten Bogor.

Event BUITENZORG RALLY ENDURO 2020 rencana mengambil lintasan sepanjang 90 km sekitar di Gua Lalay. Selain itu lintasan lomba yang adalah juga merupakan tambang gunung kapur yang masih Aktifitas.

Oki Prianto selaku Ketua panitia menjelaskan, event rally ini akan melintasi 3 kecamatan di daerah Klapa Nunggal Jonggol dan Suka Makmur yang masuk dalam wilayah kabupaten Bogor.

” Terbagi 2 Etape. Etape pertama sejauh kira kira 35 km, peserta akan mulai start di Klapa Nunggal dan Finish di Daerah Suka Makmur,” ucap Oki saat jumpa pers di Jakarta pada minggu , 16 februari 2020.

“Sedangkan Etape kedua adalah kebalikannya yaitu peserta akan di berangkatkan dari Suka Makmur dan Finish di Klapa Nunggal dengan rute yang berbeda, maka jarak ditempuh peserta sepanjang 55 km, dengan waktu tempuh selama 5 – 6 jam,” jelas Oki .

Catatan waktu tempuh ini menurut Oki berdasarkan hasil survey panitia ketika mempersiapkan dan memilih jalur Rally Enduro.

Kelas yang dilombakan meliputi 3 kelas yang diantaranya adalah Kelas Lokal, Kelas Build Up dan Kelas Open 40+.

Oki jelaskan dalam setiap  Etape akan terdapat cek point yang harus di lalui peserta. Cek point di perlukan agar peserta menjalani atau mengikuti lomba ini sesuai dengan jalur yang sudah ditentukan panitia atau racing committee.

“Apabila ada peserta yang tidak melalui cek point maka peserta tersebut akan mendapat pinalti penambahan waktu. Dengan adanya penambahan waktu itu tentunya akan merugikan peserta,” jelas Oky.

Sementara Yokhkanan dari EO MataPanah Berlian, menegaskan bahwa event ini adalah event perdana kami di bidang otomotif roda dua.

“Maka kami akan mempersiapakan event ini sebaik mungkin. Sehingga event bisa di ikuti oleh penggemar Fun Adventure di tanah air,” jelas Yokhanan.

Yokhanan juga menambahkan bahwa lokasi dan route yang digunakan banyak terdapat potensi wisata yang bisa dikembangkan yaitu adanya Goa Lalay dan Curug yang selama ini luput dari perhatian pemerintah setempat karena adanya daerah tambang kapur.

“Goa Lalay dulunya panjang lorong Goa mencapai 200 meter sekarang hanya tersisa 50 meter, padahal di dalam goa terdapat sumber mata air yang bisa dimanfaatkan masyarakat setempat,” ungkap Yokhanan.

Menariknya event ini juga akan di ikuti oleh peserta dari luar negeri yaitu peserta dari Negara Italia dan Iran, serta terdapat 2  terdaftar sebagai peserta juga penggila Adventure bergender wanita.

“Pihak panitia dalam persiapan selama ini menjelaskan  sudah berkoordinasi dengan pihak IMI dan salah satu pengurus IMI yaitu Frans Tanujaya,” ucap Yokhanan.

Sementara perwakilan sponsor acara yakni Ipone oil , Andi Yulianto mengatakan sebelum lomba berlangsung di sekitar lokasi acara nantinya Oli Ipone  akan menyediakan padock yang dapat dimanfaat kan peserta untuk mengganti olinya dengan Oli Ipone secara gratis.

“Dalam padock itu juga para mekanik dari Ipone akan memberikan perawatan rantai dan piranti pengereman dengan cairan khusus produk keluaran dari Ipone,” ungkap Andi.

Andi Yulinato juga menambahkan semangat untuk mendukung acara ini adalah jika oli Ipone masih mendapatkan animo positif dan bisa interaksi secara langsung.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.